SEJARAH TEMUAN TV

SEJARAH TV


Dimulai dari penemuan seorang insinyur asal Skotlandia bernama John Logie Baird pada 1923  John mencari cara menstransmisikan gambar sekaligus suara lewat mesin radio, kemudian berhasil mengirim citra kasar melalui transmitter tanpa kabel ke mesin penerima yang berjarak beberapa meter. Pada tahun 1927 Baird berhasil mengirim sinyal TV dari London ke Glasgow serta tahun 1928 berhasil mengirim sinyal dari London ke New York. Saat itulah Baird tercatat sebagai penemu TV pertama di dunia.

Link gambar


Dalam perkembangan TV di dunia, tidak hanya 1 orang yang dapat disebut dengan penemunya, ada beberapa orang yang ikut berperan penting dalam perkembangan pembuatan TV.

Ada dua orang yang mengembangkan TV di United States. Bermula dari Philo Farnsworth menggambarkan idenya untuk sistem TV pada papan tulis di depan gurunya saat berumur 16 tahun. Fransworth mengembangkan suatu perangkat baru yang diberi nama image dissector, akhinya ia mematenkannya pada tahun 1930. Sebaliknya, Valdimir Zworykin yang merupakan seorang yang pernah bekerja untuk Westinghouse lalu bekerja untuk RCA, pada tahun 1928 ia berhasil menyempurnakan sebuah tabung kamera kuno yang bernama the inconoscope.

Link Gambar


Pada awalnya sistem TV memiliki kualitas gambar yang jelek, tapi pada tahun 1930an mulai ada perkembangan. Dengan peraturan paten yang memiliki izin, penemuan Fransworth dikembangkan oleh RCA dengan bantuan Zworykin untuk menetapkan potensi TV komersial. Lalu tahun 1939 pada World’s Fair munculah NBC yang memberikan demonstrasi publik pertama untuk menyiarkan TV komersial.

Link Gambar


Karena TV di zaman itu memiliki harga yang mahal dan belum memiliki banyak program TV untuk dilihat, respon publik terhadap TV tidak hangat. Bahkan aktor TV di zaman itu ragu ragu dengan masa depan media baru. Para aktor harus memakai riasan berwana hijau agar terlihat normal di dalam siaran TV dan meminum pil tablet karena mereka terus berkeringat saat penyuntingan untuk siaran TV yang memakai lampu pencahayaan yang sangat panas.

Perkembangan TV sempat terganggu saat terjadi perang dunia kedua. Setelah dunia kembali damai pada tahun 1945, teknologi baru TV kembali dengan lebih sempurna baik kondisi bentuk dan performanya. Pembaharuan ini membawa TV pada era baru dan perubahan yang bagus, kamera TV tidak lagi memerlukan cahaya yang tinggi dan layar TV menjadi lebih besar. Program TV juga mengikuti evolusi TV dengan bertambahnya program dan dapat disambungkan dengan jaringan internet. Pada tahun 1945 hanya ada 8 stasiun TV dan 8000 rumah menggunakan TV di United States. 10 tahun kemudian terdapat hampir 100 stasiun TV dan 35 juta rumah memiliki TV. Menabjukkan bukan? Kesuksesan TV terus berjalan hingga terbitlah FCC Federal Communications Commision sebagai pelindungnya.

Televiewers, berikut ini ada sejarah temuan televisi pertama kali. Biar Televiewers dapet pengetahuan dan wawasan, yuk ditonton videonya !


Source : Youtube - Perkembangan Televisi Berawal Dari Penemuan - IMS


 Sumber:
  1. Dominick, Joseph R., 2011The Dynamics of Mass Communication, Media in The Digital Age, Mc Graw Hill, New York.
  2. Youtube - Perkembangan Televisi Berawal Dari Penemuan - IMS

Komentar

  1. Balasan
    1. lengkap banget kan yaa ini blognya? wkwkwk

      Hapus
    2. Sejarah itu emang penting banget buat diketahui banyak orang yaa

      Hapus
    3. betul sekali televiewers!! silakan dibaca informasi yang lainnya yaa.. terima kasih sudah berkunjung di blog kami...

      Hapus
  2. Semoga makin banyak yg baca ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih televiewers... semoga bermanfaat..

      Hapus
  3. Ringkas padar tapi lengkap!👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih... semoga bergunaa dan bermanfaat untuk televiewers..

      Hapus
  4. terima kasih sudah berbagi sejarah tv..

    BalasHapus
  5. kita jyga perlu tau sejarah televisi, trimakasih infonya

    BalasHapus

Posting Komentar