MIGRASI SISTEM SIARAN TV ANALOG KE SISTEM SIARAN TV DIGITAL

TV ANALOG VS TV DIGITAL


Berdasarkan studi yang dilakukan Nielsen pada bulan Mei 2016, penonton dengan rentan usia 18-34 tahun yang menggunakan smartphone, tablet, dan perangkat yang terhubung dengan televisi dalam menonton televisi tradisional menurun 10% menjadi 8,4 juta orang per menit. Penurunan tersebut terjadi karena perkembangan zaman yang menuntut segalanya serba canggih dan praktis. Sehingga perangkat-perangkat konvensional, seperti televisi analog tergantikan oleh penggunaan layanan streaming. (republika.co.id, 2016)

penonton Televisi
Angka-angka dalam penelitian menunjukkan bahwa 57 persen kelompok usia ini menonton acara on-demand pada laptop atau PC, sedangkan 45 persen lebih memilih untuk melihat pada smartphone. Hanya 40 persen menggunakan perangkat televisi konvensional, benda yang diprediksi bakal kian ditinggalkan di tahun-tahun mendatang. (republika.co.id, 2016)

Oleh sebab itu, Pemerintah mencanangkan program migrasi sistem siaran televisi analog menuju sistem siaran televisi digital. Hal ini dikarenakan keterbatasan frekuensi di siaran sistem analog di masa sekarang menyulitkan perkembangan pertelevisian di Indonesia. Selain itu, hal ini akan menyebabkan penonton televisi di era digital yang mengharapkan segala bentuk media massa canggih dan praktis serta memiliki kemampuan komunikasi yang interaktif akan terus menurun dan lama kelamaan televisi tidak akan bertahan dan punah di masa depan.

Siaran televisi digital mempunyai keunggulan pada kualitas gambar yang tajam dan suara yang jernih sedangkan televisi analog tidaklah demikian. Kualitas televisi analog sangat rentan gangguan gambar dan suara, selain itu sinyal digital dapat menampung program siaran dengan banyak channel. Saat ini siaran percobaan televisi digital sudah bisa dinikmati. Untuk menerima siaran televisi digital kita tetap bisa menggunakan unit televisi yang ada saat ini hanya dengan menambah alat converter atau set top box. Cukup menggunakan antena yang ada baik antena luar maupun antena dalam, hubungkan kabel antena ke unit set top box, sambungkan kabel unit set top box ke unit televisi yang ada. Carilah channel atau siaran televisi digital layaknya mencari channel pada pesawat televisi kita.
Uji coba siaran televisi digital baru dilaksanakan di seputar jabodetabek. Secara bertahap televisi digital bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. selain itu, bisa dinikmati di dalam mobil tanpa adanya gangguan  gambar dan suara meski dalam keadaan berjalan. Di dalam suatu perubahan pastinya akan terjadi pro kontra di kalangan masyarakat kita. Sosialisasi pemerintah terus dilakukan, salah satunya dengan menghadirkan maskot televisi digital burung nuri dengan nama siarta singkatan dari siaran digital.
Tv Digital

Menurut Agnes Widiyanti Direktur sarana teknologi komunikasi – Depkominfo, manfaat yang akan diperoleh bagi masyarakat adalah mendapatkan kualitas gambar dan siaran yang lebih baik serta saluran televisi yang beragam. Bagi broadcaster dapat fokus kepada pembuatan dan penayangan program siarannya. Bagi industri konten dapat mendorong pertumbuhan industri kreatif. Bagi industri perangkat memberikan peluang untuk memproduksi set top box. Dengan demikian, perkembangan televisi dapat terus berjalan dan televisi dapat bertahan sampai di masa yang akan datang (inspiratvID, 2014).


SUMBER:

Republika.co.id (Siwi Tri Puji. B). 13 Januari 2016. Nasib Televisi di Era Internet. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/koran/teraju/16/01/13/o0vsw59-nasib-televisi-di-era-internet pada tanggal 1 Maret 2018 pukul 13.00 WIB.
 


InspiratvID. 6 November 2014. Migrasi Siaran TV Analog ke TV Digital. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=xbFXaP9V9cw pada tanggal 2 Maret 2018 pukul 18.00 WIB.

Komentar

  1. Info ini snagat penting dan bermanfaat loh yaa ternyata..

    BalasHapus
  2. Bisa noh di jadiin sumber info tambahan.. thanks ya

    BalasHapus
  3. infonya bagus nih, request dong ttg program tv sama cobaa bandingin dong program tv d indo ama 1 negara lain hehe makasih min

    BalasHapus
  4. keren ee.. baru tau aku ternyata siaran tv adaa 2 macem yaa hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar