INTERNET


INTERNET
Internet

Sejarah Internet di Dunia

Internet bermula dari penelitian Departemen Pertahanan Amerika Serikat, U.S Defense Advance Research Projects Agency (DARPA) yang mencari cara untuk menghubungkan sejumlah komputer yang akhirnya menghasilkan jaringan organik. Penelitian ini memiliki nama ARPANET. DARPA berhasil menghubungkan 10 komputer pada tahun 1970.

Arpanet

Kiri (Vinton Cerf) Kanan (Bob Kahn)
Pada tahun 1973 ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat dan berhasil menghubungkan komputer University College yang merupakan komputer pertama yang tergabung dalam ARPANET diluar Amerika Serikat. Pada tahun 1973 pula, terdapat dua orang ahli komputer yang mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar yang kemudian menjadi cikal bakal pemikiran internet, dua orang tersebut adalah Vinton Cerf dan Bob Kahn.

Ide ini dipresentasikan pertama kali di Universitas Sussex. Setahun kemudian, sebuah proposal yang bertujuan untuk menggabungkan beberapa jaringan sejenis ARPANET menjadi satu jaringan disebut dengan “inter-network”. Jaringan ini tidak memiliki kontrol terpusat dan akan beroperasi berdasarkan suatu protokol tersendiri, hal ini merupakan cikal bakal TCP/IP.


World Wide Web (WWW) adalah istilah untuk seluruh bagian internet yang dapat diakses dari web browse seperti Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, dll. World Wide Web terdiri dari banyak sekali situs web yang setiap situsnya memiliki cukup banyak halaman web. Halaman web tersebut terhubung ke seluruh dunia menggunakan komputer server yang terhubung dengan internet. WWW memiliki suatu keuntungan yaitu hyperlink yang dapat di klik dan langsung mengalihkan pengunjung web tersebut ke halaman web yang diinginkan pengunjung sesuai dengan judul hyperlink tersebut.


Sejarah Internet di Indonesia


Joseph Luhukay
Onno W. Purbo













Internet di Indonesia pertama kali dilakukan pada bidang akademis yang awalnya merupakan proyek penelitian oleh para peneliti di Universitas Indonesia. Pada tahun 1983 Joseph Luhukay tercatat sebagai orang yang pertama kali melakukan koneksi pertama internet di Indonesia yang mengembangkan UINet (University of Indonesia Network). Pada tahun 1984 Indonesia tercatat sebagai negara pertama di Asia yang terhubung dengan internet global yang memiliki nama UUNet. Orang yang berpengaruh bagi perkembangan internet di Indonesia merupakan Onno W. Purbo. Pada tahun 1993 Onno dan teman-temannya  mengembangkan internet dengan menggunakan frekuensi radio.
Indonet

Perkembangan internet yang awalnya hanya merupakan sebuah penelitian kemudian menjadi komersil ketika PT Indo Internet (Indonet) berdiri menjadi sebuah Internet Service Provider pada September 1994. Beberapa ISP lain yang mulai berdiri yaitu PT Rahardjasa Internet (1995), IndosatNet (1996), Telkomnet (1998) tidak membuat internet menjadi tersebar luas karena hanya dapat diakses oleh orang-orang yang memiliki komputer dan biaya untuk membayar tagihan pulsa. Melimpahnya jumlah warnet (warung internet) pada tahun 1996 merupakan faktor penting tersebarnya internet pada saat itu.

Struktur Internet

Terdapat struktur internet selain World Wide Web salah satunya adalah email (Electronic Mail) atau yagn juga dikenal dengan sebutan surel (Surat Elektronik). Ada beberapa jenis email yang saat ini digunakan diantaranya pop mail, web mail dan forward mail.

1. Pop Mail (Post Office Protocol Mail)
Email ini merupakan jenis email yang hanya dapat diterima dari ISP yang digunakan sehingga hanya dapat diakses dari rumah atau kantor dengan koneksi tersebut.

2. Web Mail (Web Based Mail)
Email ini merupakan jenis email yang dapat diakses dari manapun dikarenakan berbasis web, sehingga dapat diakses asalkan terhubung dengan koneksi internet dan dapat membuka web penyedia layanan email tersebut.

3. Forward Mail
Layanan ini merupakan layanan email yang meneruskan email dari satu alamat ke alamat lainnya. Dapat juga disebut bahwa layanan ini merupakan layanan perantara sehingga kecepatan email dapat diterima menjadi lebih lambat.
OSP

OSP (Online Service Provider) atau yang biasa dikenal dengan Penyedia Layanan Online merupakan suatu tautan penting antara pengguna dan internet. Pengguna hanya dapat memasuki dunia internet melalui OSP. OSP menyediakan akses ke Web layanan khusus mereka, dan menyediakan beerbagai macam pelayanan. OSP besar seperti Yahoo dan Google juga membuat dan mengelola situs web untuk pelanggan mereka dan menempatkan situs web pada server mereka sendiri. Mereka juga membangun basis data untuk pelanggan. Pada saat yang sama,OSP juga dapat terhubunga satu sama lain melalui jaringan untuk mendukung layanan online yang lebih luas.

Perkembangan Internet

1. Broadband
Broadband merupakan pemecahan masalah dari kurang efektifnya dial-up modem untuk melihat video melalui internet. Broadband memiliki kecepatan membawa informasi berkali-kali lebih cepat dan dapat diakses dari 3 sumber yaitu Satellite, Cable Modem, Digital Subscriber Live (DSL).

e-commerce

2. E-commerce
E-commerce adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan menjual barang atau jasa melalui internet. Disini ada dua macam e-commerce, yang pertama dimana perusahaan menjual barang atau jasa ke pada consumen dan yang kedua disebut B2B atau e-bussiness dimana perusahaan menjual produknya kepada perusahaan lain.

3. Ekonomi Situs
Individu atau organisasi yang menjual barang dagangnya di internet akan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. Cara untuk menghasilkan keuntungan melalui internet yaitu:
Membuat konten yang menarik agar orang mau membayar ketika melihatnya.
Contohnya ada CNN yang meminta bayaran ketika orang melihat video streamingnya.
Menjual barang dagangnya secara online , misalnya di eBay
Situs digunakan untuk memasang iklan, namun hanya web yang mempunyai jumlah pengunjung besar yang dapat menggunakan metode ini.

Umpan Balik
(Dominick, 2005: 309) Data yang terpercaya tentang ukuran pemirsa menjadi sangat penting bagi pengiklan yang ingin memasang iklan di situs web tersebut. Dua perusahaan yang mendominasi pengukuran pengunjung adalah Media Metrix dan Nielsen NetRatings. Kedua layanan ini memberi laporan secara berkala yang mencatumkan situs wes yang paling populer. Audiences
Pengguna internet berkembang dengan sangat cepat. Pada saat internet pertama dibentuk, anak laki-laki menjadi yang paling banyak mengakses internet, dan kemudian dengan cepat disusul oleh anak gadis sehingga presentasinya menjadi 50-50% antara anak laki-laki dan anak gadis.

Implikasi Sosial

1. Lack Of Gatekeepers
Setiap orang diberi kebebasan dalam menuliskan berita di internet, karena tidak ada penjaga(semacam seseorang yang mengawasi atau mengontrol) disana.
Hal ini menyebabkan beberapa implikasi. Yang pertama overloading sistem atau kelebihan muatan dalam sistem karena setiap orang bisa saja mengirimkan berita yang tidak berguna dan tidak alasan kepada siapa saja melalui email dan mengirimkannya lebih dari satu atau dua pesan.
Yang kedua gatekeeper berfungsi sebagai pengevaluasi informasi. Editor surat kabar dan televisi mempertimbangkan keaslian dan kredibilitas sumber berita

2. Information overload
Dulu anak sekolahan kesusahan menggunakan buku referensi atau ensiklopedia untuk mencari informasi tentang pelajaran yang mereka pelajari, namun sekarang dengan mudahnya mereka dapat mencari dengan mudah di internet, mereka tinggal menuliskan kata kunci dari berita atau informasi yang akan mereka cari maka akan ada jutaan artikel yang menuliskan tentang informasi atau berita tersebut muncul. Hal ini terjadi karena banyaknya orang yang menyebarkan berita melalui internet. Sebagai contoh ketika kita melakukan pencarian “virtual reality” maka akan muncul lebih dari 3,000,000 artikel yang muncul.

3. Masalah privasi
Mempertahankan privasi seseorang di era elektronik bukan masalah baru, tetapi sebelum ada internet, menyusun dokumen seseorang dibutuhkan waktu beberapa hari karena untuk mencari catatan yang tersebar di banyak tempat. Namun sekarang data-data sudah terkomputerisasi sehingga dapat menyelesaikan hal yang sama dengan waktu yang lebih singkat.

4. Escapism dan Isolasi
Beberapa psikolog telah mengidentifikasi suatu kondisi yang dikenal sebagai kecanduan internet karena mereka mampu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk online. Banyak orang menghabiskan waktu dengan mengirim e-mail, bermain, belanja online, chatting, dan lebih banyak lagi. Ada juga yang menunjukkan sisi depresi tetapi penelitian selanjutnya belum menemukan kaitannya.
Evernet

Masa Depan Internet: The Evernet
(Dominick, 2005: 312) Para ahli mengatakan bahwa 10 tahun kedepan kemajuan teknologi akan memungkinkan orang akan terhubung terus menerus ke internet dimana saja dengan menggunakan perangkat informasi. Tidak perlu login lagi karena secara otomatis akan langsung terhubung sepanjang waktu dengan satu sama lain. Evernet akan menggabungkan dunia maya dengan dunia fisik, misalnya seperti seseorang dapat memesan apa saja dan dari mana saja. Lebih jauh lagi, orang bisa mencari tahu ada kesepakatan apa yang sedang terjadi, akan ada rumah pintar yang akan mengingatkan akan janji dan tugas yang belum terselesaikan, mengatur suhu pencahayaan, memonitor sistem keamanan, dan lainnya.

question


QUIZLET
1.      Apa itu Internet?
Internet adalah sebuah jaringan komputer yang pada dasarnya merupakan sistem yang menggabungkan jaringan komputer-komputer di dunia ke dalam suatu komputer besar dimana kita dapat mengaksesnya melalui perangkat masing-masing.

2.      Apa itu paket Internet Protokol?
Kumpulan informasi dalam satu paket yang berisi alamat tujuan yang merupakan target komputer dan komputer tersebut memiliki pola tersendiri dalam pengiriman informasi.

3.      Apa kepanjangan dari ARPANET?
Advance Research Projects Agency Network

4.      Apa yang melatar belakangi berdirinya ARPANET?
Pada awal perang dingin, Departemen Pertahanan Amerika Serikat konsentrasi pada jaringan komputer untuk kekuatan nuklir. Pentagon tidak ingin kalah dalam kemampuan komputasi dan komunikasi untuk menempatkan bom atom. Maka terbentuklah sistem yang menghubungkan jaringan-jaringan komputer.

5.      Apa yang dimaksud dengan LAN?
Local Area Network merupakan perangkat lunak yang memungkinkan komputer terhubung satu sama lain dalam 1 area yang berisi Program Internet Protokol.

6.      Bagaimana Internet pertama kali lahir?
National Science Foundation membangun sendiri sebuah sistem dengan menggunakan Internet Protocol dan menyatukan rangkaian jaringan regional yang tersambung ke super komputer.

7.      Apa fungsi Internet?
Seluruh khalayak dapat mengakses berbagai macam informasi, berbagi data, dan berkomunikasi jarak jauh.

8.      Apa saja pengembangan internet yang berkontribusi dalam menaikkan popularitas internet dengan cepat?
Pengembangan World Wide Web atau Web tahun 1990, pengembangan kemudahan bagi konsumen untuk menemukan sesuatu yang dicari mereka dalam web tahun 1993, dan pengembangan mesin pencari.

9.      Apa itu World Wide Web atau web?
Sebuah program komunikasi yang memiliki keunggulan berupa hypertext, alat navigasi yang menghubungkan satu dokumen elektronik, teks dan grafik, dan membuat virtual halaman web.

10.  Apa browser pertama yang mempermudah konsumen untuk mencari apa yang mereka mau di web? Dan bagaimana cara kerjanya?
Mosaic, browser ini memungkinkan untuk mengambil data, menentukan apa itu, dan mengkonfigurasikan hal tersebut serta menampilkannya.

11.  Apa yang dimaksud mesin pencari?
Suatu program yang memiliki kegunaan memindai internet untuk mencari sesuatu yang terpilih berdasarkan keinginan pengguna serta menampilkan hasil berdasarkan beberapa kriteria yang sesuai.

12.  Bagaimana pengguna dapat mengakses internet pada masa awal?
Melalui 2 cara, yang pertama dengan menggunakan Internet Service Provider/ ISP, yakni perusahaan yang menghubungkan pelanggan ke Net dan biasanya akan dipungut biaya tertentu. Yang kedua, dengan menggunakan Online Service Provider atau OSP sebagai America Online.

13.  Apa saja kelemahan E-mail?
e-mail tidak formal seperti surat cetak, jadi ada beberapa konteks yang tidak pantas disampaikan melalui E-mail ( seperti informasi pemecatan), e-mail tidak bersifat pribadi selayaknya surat dalam amplop karena pesan dapat diakses orang lain melalui komputer-komputer lainnya, e-mail pada dasarnya memiliki gangguan dasar yang disebut spam.

14.  Apa yang dimaksud spam dalam gangguan di e-mail?
Spam merupakan cyber yang setara dengan kumpulan rongsokan pesan yang terdiri dari pesan yang tidak diminta, pesan yang tidak baik, pegadaian rating rendah, situs porno, obat ajaib, cara agar cepat kaya, menyumbat kotak pesan, dan butuh waktu lama untuk menghapusnya.

15.  Apa salah satu bentuk cyber crime?
Menjual dan membeli data pengguna media sosial, seperti facebook untuk tujuan-tujuan bisnis serta dukungan politik dan penipuan penjualan produk melalui belanja online.

16.  Apa itu privasi dan bagaimana cara mengatasi pelanggaran privasi dalam penggunaan internet?
Privasi adalah informasi yang bersifat pribadi yang tidak dikehendaki di ketahui publik. Cara mengatasi pelanggaran privasi adalah tidak sembarangan sign up melalui media sosial dan segala sesuatu yang memanfaatkan akses internet.

17.  Apa saja implikasi sosial dari adanya internet?
Kekurangan gatekeeper yang menangani risiko sistem dengan muatan berlebih yang semakin meningkat, sebagai evaluator informasi, dan sebagai penyensor. Yang kedua, informasi yang berlebih, menyangkut masalah privasi, escapism dan isolasi.

18.  Apa yang dimaksud Internet masa depan, yakni Evernet yang menggabungkan dunia virtual dan fisik?
Pada masa yang akan datang akan ada istilah internet of things, yakni nantinya akan ada kondisi dimana program akan mencerdaskan sendiri sistemnya. Hal ini berarti di masa depan program akan tau bagaimana harus bertindak tanpa perlu campur tangan manusia.

19.  Apa dampak dari Evernet?
Manusia tidak akan pernah keluar dari zona nyamannya, manusia akan semakin malas untuk menggunakan anggota tubuhnya untuk melakukan beberapa aktivitas, serta manusia akan hidup sebagai manusia egois yang tidak mau bersosialisasi.

20.  Mengapa kecepatan internet di Indonesia lambat?
Karena infrastruktur di bangun oleh pihak swasta, seperti Telkom dan bukannya pemerintah. Sehingga sebagai pihak swasta pasti akan mencari keuntungan dari pemasangan internet dengan membangunnya di tempat yang menguntungkan. Selain itu, faktor wilayah Indonesia yang terlalu luas menyebabkan biaya operasional yang harus dikeluarkan untuk dapat menjangkau seluruh wilayah sangat tinggi. Wilayah Indonesia yang sebagian besar juga berupa perairan, menyulitkan pemasangan internet yang harus menggunakan kabel yang ditanam di dasar laut.

Sumber:
Dominick, Joseph R., 2011The Dynamics of Mass Communication, Media in The Digital Age, Mc Graw Hill, New York



Komentar

  1. internet ga hanya sekedar internet yak ternyata... hmmm

    BalasHapus
  2. wah sangat maju skali teknologi dari evernet

    BalasHapus
  3. Evernet bukan hanya angan-angan semata. Itu semua dapat dilihat dari perkembangan teknologi baru seperti smarthouse, smartlamp, dan bahkan sekarang sudah ada yang namanya smartoilet!

    BalasHapus

Posting Komentar